Pocong The Origin Reinkarnasi Usai Pocong (2006) dilarang Tayang

Deskripsi singkat: Setelah film Pocong (2006) dicekal, untungnya film sekuelnya, Pocong the Origin diizinkan tayang di bioskop.

Pocong The Origin Reinkarnasi Usai Pocong (2006) dilarang Tayang

Masih ingatkah anda film Pocong (2006) yang sempat dilarang tayang? Sekarang, Monty Tiwa, sang sutradara, akhirnya kembali lagi dengan film Pocong The Origin yang sedang tayang di beberapa bioskop kesayangan anda. Pocong The Origin ini adalah film selanjutnya dari rumah produksi Starvision Plus yang sudah mulai tayang sejak tanggal 18 April lalu.

Bintang-bintang yang hadir di dalam Pocong The Origin di antaranya adalah Surya Saputra, Nadya Arina, Samuel Rizal, Tio Pakusadewo, Della Dartyan, Yama Carlos dan masih banyak lagi. Sebagai sutradara dari film ini, Monty Tiwa mengaku lega karena sekuel film Pocong ini lolos tayang menurutnya, Pocong The Origin adalah satu-satunya sekuel yang film pendahulunya tudak pernah tayang karena dicekal oleh LSF (Lembaga Sensor Film).

Pocong The Origin Akhirnya Boleh Tayang

“Film Pocong (2006) yang dilarang beredar sebenarnya sudah selesai shoot pada tahun 2005. Mestinya tayang pada awal tahun 2006 namun dicekal LSF dan kami langsung membuat sekuelnya di tahun yang sama,” tulis Monty di akun Twitter pribadinya beberapa minggu lalu. “Ini menjadikan film Pocong 2 sebagai pertama di dalam sejarah, sebuah sekuel tanpa ada pendahulunya,” imbuhnya.

Ada 5 poin yang membuat Pocong (2006) dilarang tayang. Salah satunya adalah karena adanya backstory yang terjadi pada kerusuhan tahun 98. Dari 5 poin itu, Monty tetap memasukkan 3 poin lainnya setelah adanya kompromi Panjang dan sampai Pocong The Origin nyaris kena cekal lagi.

“Ada 5 poin yang membuat film tsb dilarang. Dan dalam versi 2019nya, saya kompromi dan menghilangkan 2 poin yaitu backstory kerusuhan 98 (karna ini tahun politik) dan kekerasan yang brutal secara visual,”lanjutnya.”Untuk 3 point yang dilarang, saya coba untuk tetap pertahankan.”

“Ini pun bukannya tanpa risiko. Beberapa hari yang lalu, sempat terjadi Tarik ulur antara pak pawrez starvision dengan pihak LSF. Saya deg2an juga. Apa Pocong The Origin ini akan mengalami nasib yang sama?” imbuh Monty. “Tapi akhirnya perjuangan pak pawrez membuahkan hasil. Setelah diskusi alot.”

Ketimbang menyebutkannya sebagai sekuel, Monty lebih suka menyebutnya sebagai judul baru yaitu Pocong The Origin sebagai film reinkarnasi. “Film Pocong The Origin reinkarnasi dari film yang dulu dilarang beredar akhirnya siap tayang,”ujarnya bahagia.

Surya Saputra Jadi Pocong Sungguhan Tanpa Stuntman

Setelah lolos sensor dan mendapatkan izin dari LSF, akhirnya film Pocong The Origin tayang di seluruh bioskop Indonesia. Lalu, para pemiannya melalukan promosi di vlog salah satu stand up comedian Indonesia, Raditya Dika. Dua orang stand up comedian yang juga menjadi teman dekat Radit, yakni Yusril Fahriza dan Ananta Rispo pasalnya menjadi cameo di film ini.

Mereka bercerita bagaimana beratnya menjalani syuting yang notabene adegannya horror. Namun mereka tidak mau mengeluh karena malu dengan Surya Saputra sebagai salah satu pemeran utamanya yang memerankan sosok pocong bahkan tanpa memakai stuntman.

“Jadi kita syuting emang dari malem sampe pagi, mau ngeluh capek enggak enak sama Surya pake baju pocong. Pake papan, kasihan,”ungkap Ananta. “Belum lagi di-make up-in (pocong). Dan dia (Surya) selama syuting begitu terus kan. Maksudnya yang enggak ganti-ganti bebas kaya kita, kalo lari tinggal lari. Dia kalo mau minum ininya (kainnya) harus dibuka dulu,” imbuh Yusril. Ini lah yang membuat mereka tidak mengeluh selama syuting.

Author: frederickgaliay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *