Susi Pudjiastuti dijadwalkan Hadiri Pemutaran Film Dokumenter

Deskripsi singkat: Pemutaran film How to Save Our Coastal Seas yang dilanjutkan diskusi akan dibersamai oleh Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan Indonesia di BBJ.

Susi Pudjiastuti dijadwalkan Hadiri Pemutaran Film Dokumenter

Kabar datang dari sebuah film dokumenter dengan tema lingkungan hidup kelautan. Judul film dokumenter itu adalah How to Save Our Coastal Seas yang akan diputar di BBJ (Bentara Budaya Jakarta) tepatnya hari ini, Selasa (14/5) jam 15.30-16.30 WIB.

Pemutaran Film dan Diskusi Tentang Lingkungan Kelautan

Pemutaran film ini adalah bagian dari film seri dokumenter Our Planet yang mana diselenggarakan oleh Harian Umum Kompas Bersama dengan WWF (World Wide Fund) Indonesia dari BBJ. Pemutaran film itu tidak hanya sendiri, namun akan dilanjutkan dengan diskusi.

Diskusi yang akan diangkat adalah diskusi Marine Protected Area, Fisheries& Eco-Tourism: A New Deal for People & Nature in Indonesia (Kawasan Konservasi Laut, Perikanan & Ekowisata: Kesepakatan Baru untuk Alam dan Manusia di Indonesia). Diskusi tersebut akan dimulai jam 16.30 WIB dan akan berlangsung kurang lebih 1 jam.

Diskusi tersebut pasalnya dijadwalkan berlangsung di tempat yang sama. Dan yang special adalah adanya Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti yang akan hadir dalam diskusi tersebut. Juga, ada beberapa tokoh lainnya misalnya CEO WWF Indonesia, Rizal Malik dan juga Pimpinan Redaksi Harian Kompas, Ninuk M Pambudy.

Film Our Planet

Our Planet adalah sebuah film seri dokumenter yang mana diproduksi dan juga ditayangkan di Netflix. Film itu hadir atas kerja sama dari Netflix, WWF dan juga Silverback Films. Episode-episode film itu pasalnya mengangkat isu-isu togel hongkong penting soal kekayaan hayati alam liar yang ada di Bumi, pengaruh-pengaruh ekosistem (termasuk akibat ulah tangan manusia yang tak bertanggung jawab pada lingkungan), dan juga upaya pencegahan serta perbaikan kerusakan ekosistem.

Muatan episode-episode tersebut disampaikan dengan visualisasi yang menyentuh untuk menanamkan sebuah kepedulian pada Bumi yang tidak lain adalah rumah kita Bersama.

Isi dari film Our Planet: How to Save Our Coastal Seas ini menekankan bahwa merawat dan juga melindungi wilayah-wilayah tersebut sangat penting. Film ini dinaratori oleh broadcaster sekaligus sejarawan alam, David Attenborough (93).

Teknologi penangkapan ikan di jaman modern ini cenderung berorientasi pada jumlah hasil tangkapan yang besar-besaran dan tidak berpihak pada kelangsungan hidup dan juga perkembangbiakan ikan-ikan laut. Dan tentunya jika hal ini dibiarkan terus menerus, lingkungan hidup ikan juga pasti akan rusak. Dalam film itu juga disebutkan bahwa sampai dengan saat ini, baru 7% saja wilayah laut yang sudah dilindungi dan dirawat.

Upaya-upaya untuk membatasi dengan tegas wilayah atau area penangkapan ikan yang ada di seluruh dunia mesti terus ditingkatkan lagi, sampai paling tidak 30% wilayah laut dari total keseluruhan. Apabila tidak, maka ikan akan berkurang, ekosistem kelautan juga akan terkena akibat buruknya, dan kita, manusia juga akan terkena dampaknya.

Karena tempatnya terbatas, mereka yang sangat ingin menyaksikan film How to Save Our Coastal Seas ini dan sekalian mengikuti diskusinya mesti mendaftarkan dirinya dulu. Jika anda berminat, anda diharapkan mendaftarkan diri ke klestiarsl@wwf.id atau ke nomor telepon 0852-1816-1683.

Pendaftaran ulang juga akan dilakukan langsung di BBJ dan dibuka pada jam 15.00 WIB hari Selasa, 14 Mei 2016. Mereka yang hadir di acara tersebut diminta untuk membawa botol minum Tumblr untuk wadah air minum. Memang tujuannya untuk mengurangi penggunaan plastic yang saat ini sedang digencarkan supaya bisa menjaga ekosistem air lebih bersih dan sehat pula.

Author: frederickgaliay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *